10 Teknologi Paling Ditunggu di Akhir Tahun 2014

Sekarang ini kita sudah berada di pertengahan tahun 2014, namun ternyata masih banyak teknologi baru dan canggih yang akan rencananya akan dirilis sebelum akhir tahun 2014 ini. Di antara banyaknya teknologi itu ada beberapa yang merupakan teknologi paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang, berikut 10 teknologi paling ditunggu di tahun 2014 ini.

Perlu diketahui gambar-gambar di bawah bukanlah gambar dari produk akhir melainkan hanya sekedar konsep atau mungkin rekayasa para penggemarnya.

1. Android L

Salah satu berita teknologi yang palingditunggu para pengguna Android adalah berita mengenai generasi terbaru android dari Google, yakni Android L. Melalui Android L, Google menawarkan pengalaman penggunaan android yang benar-benar berbeda dari sebelumnya, dimulai dari sisi desain, animasi, hingga sebuah fitur penggunaan baterai yang jauh lebih hemat.

Sekarang ini Android L sudah memasuki tahap pengembangan developer dan direncanakan akan dirilis untuk publik di akhir tahun 2014sekitar bulan September untuk smartphone Nexus dan tablet. Video demonstrasi dari desain serta fitur Android L bisa langsung dilihat pada link Youtube di bawah ini.

2. OS X Yosemite

Sama halnya seperti berita mengenai Android L bagi para pengguna Android, para pengguna OS Mac juga dapat bersuka ria karena Apple juga akan merilis OS generasi baru untuk para pengguna komputer mereka, yaitu OS X Yosemite. Rencananya OS yang ditunggu-tunggu ini akan dirilis pada kwartal ke-4 tahun ini dan dapat di-download secara gratis bagi para pengguna Mac.

Salah satu kelebihan dari OS Yosemiteini adalah desain yang mengikuti desain ‘flat’ pada iOS 7 serta fitur pencarian yang lebih baik.

3. Samsung Galaxy Note 4

Akhir tahun 2014 ini, Samsung berencana mengungkap keberadaan generasi ke-4 phablet popular mereka, Galaxy Note 4. Sayangnya hingga sekarang tidak banyak yang diketahui mengenai detail spesifikasi atau bentuk galaxy note 4. Rumor yang beredar mengatakan bahwa spesifikasi pasti jauh lebih tinggi dan ada kemungkinan tidak mau kalah dari iPhone 6 yang menawarkan layar lebih lebar, Galaxy note 4 juga akan merilis layar yang lebih lebar dari note3. Kita tunggu saja kemunculan generasi terbaru phablet popular Samsung satu ini.

4. Apple iPhone 6

Salah satu kekurangan dari produk smartphone ternama Apple, iPhone adalah layarnya yang kecil. Jika hal ini berlaku untuk Anda maka Anda boleh berbahagia karena generasi selanjutnya iPhone ini dikatakan akan dirilis dengan layar yang lebih lebar dibandingkan dengan iPhone generasisebelumnya.

Rencananya, iPhone 6 akan dirilis dalam 2 ukuran layar yang berbeda, yang pertama adalah berukuran 4.7 inci dan yang kedua 5.5 inci. Layar iPhone 5S sendiri hanya berukuran 4 inci, dimana untuk smartphone-smartphone sekarang ini ukuran layar seperti itu adalah ukuran layar yang relatif kecil. Sama halnya seperti berbagai produk teknologi dalam daftar ini, produk Apple yang paling ditunggu ini akan dirilis di kwartal ke-4tahun 2014 atau singkatnya pada akhir tahun.

5. iOS 8

Rumor mengenai Apple mengambil banyak fitur dari aplikasi lain hingga CEO Whatsapp yang marah dengan tindakan Apple sedang hangat-hangatnya. Terlepas dari hal ini para pengguna iPhone dapat berbahagia, selain dari dirilisnya iPhone 6, Apple juga akan merilis OS terbaru mereka yaitu iOS 8. Sekilas mungkin OS ini terlihat tidak banyak berbeda dari OS sebelumnya namun banyak sekali fitur yang ditambahkan ke dalamnya sebagian besar sudah terlihat di Android. Seperti contohnya widget, keyboard custom, keyboard auto complete, iMessage mengikuti WhatsApp, iCloud drive, spotlight yanglebih baik dan banyak lainnya.

6. Oculus Rift

Beberapa dari Anda mungkin sudah pernah melihat teknologi satu ini.Oculus Riftadalah produk yang menjanjikan akan membawa realitas virtual ke customer khususnya dalam hal gaming. Jika biasanya Anda bermain video game dengan melihat layar yang relatif kecil maka dengan Oculus Rift Anda akan merasakan benar-benar ada di dalam dunia game.

Oculus Rift snediri memang sudah terlihat sejak tahun 2012 namun bataldirilis untuk publik dengan alasan untuk pengujian dan peningkatan mutu. Karena popularitasnya yang ditunggu banyak orang, Facebook-pun membeli perusahaan ini dengan total nilai 2 miliar US Dolar. Jika Anda tidak sabar ingin menguji produk ini maka development kit-nya dapat dibeli dengan harga 350$ atau kurang lebih sekitar 4 juta rupiah. Di samping ini, Samsung juga akan merilisproduk serupa.

7. Apple iWatch

Serupa dengan Samsung Galaxy Gear,Apple juga dirumorkan sedang mengembangkan produk jam tangan cerdasnya yang diberi nama iWatch. Rencananya Apple akan merilis produknya ini di akhir tahun 2014 atau awal tahun 2015. Konsep dari teknologi satu ini sendiri serupa dengan konsep Galaxy Gear dimana berbagai notifikasi akan dapat langsung dilihat di jam tangan namun salah satu kelebihan utamanya adalah monitoring kesehatan dan jugafitness. Sebagai contoh, iWatch akan dapat melacak jumlah langkah, hidrasi, detak jantung, dan vital lainnya yang akan juga langsung ditunjukkan di jam tangan. Mari kita tunggu saja produk yang rumornya dikerjakan oleh sekitar 100 orang.

8. Gear Glass

Bersamaan dengan Galaxy Note 4, Samsung juga akan mengungkapkan produk kacamata cerdas yang ditujukan untuk penggunaan para atlit.Produk itu akan menyerupai Google Glass namun mungkin saja lebih siap untuk pasaran, karena Google Glass yang dijual ke pasaran sendiri masihlah relatif mahal yakni berhargakan $1500 atau setara dengan 17 Juta Rupiah. Serupa denganGalaxy Note 4, belum banyak yang diketahui mengenai produk satu ini yang bisa kita lakukan hanyalah menunggu sampai tanggal jadinya sembari Google juga mengerjakanGoogle Glass 2.

9. Windows 9 (Update: Windows 10)

Windows 8 Microsoft bukanlah sebuahproduk yang dapat dibilang sukses di pasaran. Beberapa mengatakan alasannya adalah karena Windows 8 tidak cocok untuk desktop dan laptop tradisional atau dengan kata lain pangsa pasar belum siap menerima OS seperti itu. Alasan ini menyebabkan banyak rumor beredar bahwa Microsoft sedang mengerjakanOS generasi selanjutnya yaitu Windows 9 dan menganggap Windows 8 sebagai produk yang serupa dengan Windows Vista.

Jika hal ini terbukti benar maka mungkin inilah teknologi yang paling ditunggu-tunggu oleh para pengguna Windows. Dirumorkan bahwa Microsoft akan mengungkap hal ini untuk publik di akhir tahun 2014.

UPDATE:

Microsot akhirnya mengungkapkan keberadaan OS terbarunya pada akhirSeptember lalu. Bukannya diberi nama Windows 9 tapi Microsoft akan memberikan nama OS terbarunya ini Windows 10. Tidak ada yang tahu dengan pasti apa alasan Windows melewati versi 9 tesebut, beberapa berasumsi bahwa windows 9 sudah terlalu banyak rumor diikuti keburukan windows 8, oleh karena itu Microsoft ingin menghapus semua jejak tersebut dengan menciptakan nama Windows 10.

10. Myo Armband

Dalam artikel Kendalikan Komputer Anda dengan Gesture Control, telah diperlihatkan bagaimana Myo Armband dapat mengendalikan berbagai teknologi hanya dengan gerakan tangan semata. Walaupun artikel itu telah dibuat sejak awal tahun 2013 namun kenyataannya Myo Armband masih dalam tahap pengujian developer kit dan akan dirilis untuk publik di September tahun2014 ini. Mudahnya, Anda bisa membayangkan Myo Armband sebagai pengganti mouse,keyboard, hingga controller video game Anda.

sumber dan info lebih lanjut klik di sini

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s