21 Anime Paling Sedih yang Akan Membuat Kalian Menangis

Tujuan utama dari anime adalah menghibur, akan tetapi tidak jarang kita temuka anime dengan cerita yang membingungkan, menakutkan, dan mengharukan. Benar, selain menghibur kalian anime juga akan membuat kalian menangis dengan cerita-cerita sedih yang mereka suguhkan. Jika kalian sudah menonton banyak anime pasti ada satu atau dua anime yang membuat kalian menangis atau setidaknya membuat kalian sedih dan terus memikirkannya.

“Semua orang pasti memiliki rasa sakit di hati mereka.” -Erza Scarlet (Fairy Tail)

Dengan alasan tersebut, kali ini Otamegane ingin berbagi list anime dengan cerita paling sedih. Walaupun saya sendiri menyadari kalau pengaruh sebuah cerita tidak akan sama dari satu orang ke orang yang lain, oleh karena itu saya lebih memilih untuk mengambil anime yang sudah terbukti membuat fans-fans anime (otaku) menangis. Dan tentunya dengan menambahkan beberapa anime favorit saya yang tidak kalah mengharukan jika dibanding list yang dibuat di luar sana.

Dan inilah ke-21 anime paling sedih yang telah banyak membuat orang menangis dan mungkin saja juga bisa membuat kalian, para otaku, bisa merasakan hal yang sama. Selamat menikmati rasa sakit.

21 Anime Paling Sedih

1. Clannad / Clannad: After Story

Tidak ada anime yang pantas untuk memulai daftar ini kecuali anime Clanned. Banyak fans anime yang menganggap kalau Anime Clanned, khususnya Clanne: After Story, merupakan anime paling sedih yang pernah mereka tonton. Awalnya anime ini disajikan dengan alur yang datar, di mulai dari kehidupan sekolah Tomoya Okazaki, Nagisa Furukawa, dan teman-teman SMA mereka. Perlahan tapi pasti ceritanya mulai berkembang dan hubungan antara karakter-karakternya mulai terjalin.

Dengan karakter-karakter yang ceria dan banyaknya adegan-adegan yang lucu, kalian  mungkin tidak akan menyaka kalau setiap karakter dalam anime ini memiliki cerita (background) kehidupan masing-masing yang penuh dengan cerita-cerita yang mengharukan. Emosi penonton benar-benar dipermainkan oleh anime ini, dari semulanya biasa-biasa saja sampai berakhir dengan penuh air mata. Jadi pantaslah jika banyak orang menganggap kalau anime Clanned sebagai anime paling menyentuh dan banyak membuat penontonnya menangis.

2. Angel Beats!

Anime paling sedih selanjutnya adalah anime Angel Beats! Anime ini berfokus pada beberapa kelompok remaja, dan tentunya juga memiliki cerita yang unik dan berbeda dari yang lainnya. Mereka yang meninggal sebelum mewujudkan impiannya dan masih memiliki keinginan untuk hidup akan dikirim ke dunia dimana  mereka akan memulai kehidupan baru sebagai siswa sekolah.

Mereka yang berada di dunia tersebut adalah mereka yang tidak tenang dan masih belum bisa menuju dunia selanjutnya (surga) dan untuk pergi ke sana mereka harus mengikhlaskan kehidupan mereka yang sebelumnya. Terlebih lagi ingatan mereka akan dihapus sehingga ada banyak adegan-adegan yang menyedihkan dalam anime ini ketika mereka mengingat penyesalan mereka di dunia sebelumnya. Di akhir cerita dalam anime ini terjadi plot twist yang benar-benar akan menyentuh dan membuat penontonnya menangis.

3. Shigatsu wa Kimi no Uso

Shigatsu wa Kimi no Uso adalah anime yang menyuguhkan cerita kehidupan, pentingnya cinta, dan persahabatan melalui musik. Arima Kousei adalah seorang genius bermain music piano ketika masih kecil akan tetapi setelah ibunya meninggal, dia mulai depresi dan berhenti untuk bermain piano. Setelah berhenti bermain piano, kehidupan Arima menjadi monoton seperti warna warna piano yaitu hitam dan putih.

Akan tetapi, kehidupannya mulai penuh warna setelah dia bertemu dengan Miyazano Kaori yang ahli dalam bermain biola. Perlahan tapi pasti, Kaori mulai memasuki kehidupan Arima dan mengubahnya menjadi penuh warna dengan permainan musiknya.

Anime ini menjadi salah satu anime tersedih dan menguras air mata. Sebuah cerita cinta yang mengharukan dan diiringi dengan melodi musik yang penuh dengan keindahan memberikan ingatan yang mengharukan dan tidak terlupakan bagi mereka yang menyaksikannya.

4. Mahou Shoujo Madoka★Magica

Setelah kalian membaca judulnya dan kemudian membayangkan anime dengan karakter yang imut dan ceritanya yang lucu dan menghibur maka anime ini tidak cocok untuk kalian tonton. Meskipun anime yang satu ini bertemakan magic atau sihir akan tetapi Mahou Shoujo Madoka★Magica (Puella Magi Madoka Magica) bukanlah anime yang seperti kalian bayangkan.

Karena di dalamnya, ada banyak simbolisme dan tekanan psikologis yang membuat ceritanya menjadi terasa gelap. Di samping hal tersebut, cerita anime ini penuh emosional dan plot  cerita yang mengagumkan. Anime ini juga menyuguhkan plot twist yang dramatis dan mengharukan sehingga apa yang kalian anggap biasa-biasa saja akan menjadi luar biasa pada akhirnya.

5. Anohana

AnoHana (Bunga yang Kita Lihat Hari Itu) menceritakan persahabatan beberapa remaja yang mulai merenggang setelah dewasa. Tidak seperti ketika kecil, setelah dewasa mereka tidak saling menyapa dan jarang bertemu satu sama lain. Hal ini terjadi ketika salah seorang teman masa kecil mereka mengalami kecelakaan dan meninggal.

Mengejutkannya lagi, Menma kembali ke dalam kehidupan mereka dan bertemu dengan Jinta untuk memintanya mewujudkan impian terakhirnya. Dengan kata lain, Menma yang telah meninggal kembali sebagai hantu demi mewujudkan harapan terakhirnya bersama teman-teman masa kecilnya.

Harapan yang ingin diwujudkan Menma akan membuat banyak orang menangis. Bagi kalian yang belum menontonnya sebaiknya menyiapkan tisu karena banyak adegan dan ending yang menyesakkan.

6. Byousoku 5 Centimeter

5 Centimeters per Second (Byousoku 5 Centimeter) adalah anime tentang 2 teman dekat yang perlahan-lahan dipisahkan oleh jarak dan waktu. Kehidupan mereka mulai semakin menyakitkan ketika mereka menyadari kalau mereka sudah saling menyukai satu sama lain.

Anime ini merupakan salah satu anime tersedih buatan Makoto Shinkai, tentang sebuah gambaran ketidakberdayaan manusia ketika mereka dihadapkan oleh jarak dan waktu. Dengan pesan yang mendalam, ceritanya tidak akan habis teruraikan hanya dengan kata-kata. Jadi sebaikanya kalian menontonnya langsung dan meresakan bagaimana anime ini perlahan-lahan menghancurkan hati kalian.

7. Steins;Gate

Steins;Gate, salah satu anime yang dianggap berjasa dalam penjelasan mesin waktu dengan teori-teorinya yang lebih rasional dibandingkan dengan anime betemakan ‘time-leap’ lainnya. Meskipun anime ini tidak benar-benar diklasfikasikan sebagai anime sedih karena genre ‘Sci-fi’-nya yang sangat kental, tetapi bukan berarti Steins;Gate tidak bisa membuat para penontonnya menangis.

Bermula dari obsesi seorang ilmuwan ‘gila’ yang ingin menciptakan sebuah mesin waktu, dan kemudian penemuannya tersebut menjadi sebuah musibah terbesar dalam hidupnya. Dia terperangkap dalam perubahan waktu bersamaan dengan usahanya untuk menyelamatkan teman-temannya yang terbawa dalam arus perubahan waktu. Jika Steins;Gate adalah anime bergenre Sci-fi maka anime ini akan menjadi anime bergenre Sci-fi paling sedih yang akan kalian tonton.

8. Hotaru no Haka

Hotaru no Haka (Grave of the Fireflies) merupakan salah satu anime paling lawas, dibuat oleh Isao Takahata. Dikategorikan sebagai anime lawas tidak lantas membuat kepopuleran anime ini luntur karena buktinya sampai sekarang kalian masih bisa melihat reviewnya di Otamegane.

Latar waktu dalam ceritanya adalah setelah pengeboman 2 kota besar di Jepang yaitu Hiroshima dan Nagasaki, membuat banyak korban jiwa entah karena ledakan maupun karena kelaparan. Jika kalian masih memiliki hati, cerita anime pasti bisa membuat kalian tersentuh, tentang bagaimana perjuangan seorang kakak untuk melindungi adiknya. Antara kematian dan kehidupan ditentukan oleh sesuap nasi, seperti itulah perjuangan mereka dalam bertahan hidup.

Rakka adalah seorang gadis yang tiba-tiba menemukan dirinya berada di sebuah dunia yang aneh, dipenuhi dengan para gadis yang berpenampilan seperti malaikat dengan sayap dan lingkarang cahaya di atas kepala disebut Haibane. Dan Rakka menjadi salah satu dari kelompok mereka.

Di dunia tersebut ada banyak aturan yang harus dipatuhi oleh semua Haibane  dan salah satunya yang terpenting adalah tidak boleh menyentuh atau mendekati dinding yang mengelilingi dunia tersebut.

Dalam kebingungan Rakka mencari jati dirinya, perlahan tapi pasti, mulai menemukan fakta yang mengejutkan dan menyedihkan tentang dunia di mana dia berada dan ingatan masa lalunya yang selama ini ditutupi oleh kematian, dosa, dan perjalanan yang tak berkesudahan.

12. Fullmetal Alchemist: Brotherhood

Meskipun bergenre action, anime ini dianggap sebagai salah satu anime tersedih sepanjang masa. Kesalahan besar terjadi ketika Erlic bersaudara mencoba untuk menggunakan keahlian mereka dalam akemia untuk menghidupkan kembali ibu mereka yang telah meninggal.

Akan tetapi mereka tidak mengatahui konsekuensi di balik teknik tersebut yang harus mengorbankan sesuatu yang penting dari diri mereka. Fulmetal Alchemist menceritakan sebuah kisah yang mengharukan dan menghangatkan hati tentang perjuangan dramatis dari 2 bersaudara untuk memperbaiki kesalahan terbesar mereka ketika masih kecil.

13. Ookami Kodomo no Ame to Yuki

Selanjutnya adalah anime yang pernah mendapatkan penghargaan sebagai anime terbaik dalam setahun.  Anime ini adalah anime yang baru-baru saja saya tonton, dan jujur saja ceritanya memang bagus dan pantaslah menjadi salah satu anime terbaik tahunan. Ookami Kodomo no Ame to Yuki menceritakan kisah seorang gadis yang jatuh cinta kepada seorang manusia setengah siluman dan pada akhirnya mereka mempunyai 2 orang anak bernama Yuki dan Ame.

Karena suatu musibah, suaminya meninggal dan dia harus berjuang sendiri membesarkan kedua anaknya yang memiliki sifat berbeda. Anime ini bukanlah anime romance seperti yang kalian bayangkan akan tetapi kisah perjuangan seorang ibu muda dalam membesarkan kedua anaknya yang terlahir setengah serigala. Kasih sayang ibu kepada anaknya akan membuat kalian tersentuh terlebih lagi karena ending anime ini tidak akan sebahagia seperti yang kalian harapkan.

14. Plastic Memories

Meskipun anime ini memiliki karakter utama yang cantik tapi ceritanya tidak senyaman ketika memandang wajahnya. Anime ini mengambil latar futuristic dimana manusia sudah hidup berdampingan dengan robot yang disebut Giftia. Griftia bukanlah sebuah robot yang abadi tapi memiliki masa aktif selama 81.920 jam dan setelah waktunya habis mereka akan mati.

Tsubasa Mizugaki adalah salah seorang remaja yang bekerja dalam pengembangan robot tersebut dan dia juga memiliki rekan griftia yang cantik bernama Isla. Seiring berjalannya waktu, hubungan Tsubasa dengan Isla semakin dekat sampai-sampai dia lupa kalau Isla adalah robot graftia. Meskipun Tsubasa sudah berusaha untuk tidak menyukainya tapi dia tidak bisa menahan perasaannya kepada robot graftia tersebut. Akhirnya dia jatuh cinta kepada Isla meskipun dia tahu takdir apa yang akan menanti mereka kedepannya.

Dari sinopsis di atas, kalian pasti sudah mempunyai gambaran akan seperti apa cerita dalam anime ini. Oleh karena itu, sebelum menontonnya sebaaiknya kalian lupa menyiapkan tisu.

15. Code Geass

Mungkin kalian akan bertanya-tanya kenapa saya memasukan anime Code Geass yang jelas-jelas bergenre action dan mecha. Memang benar jika kita hanya melihat sebagian saja cerita anime ini tidak akan membuat kalian menangis akan tetapi secara keseluruhan, terutama season 2 akan memberikan kalian ingatan yang tidak akan pernah terlupakan.

Jika kalian mengunjungi beberapa forum, kalian akan selalu menemukan anime ini di dalam deretan anime terbaik sepanjang masa karena ceritanya yang epic dan luar biasa. Sebagai penulis artikel ini, saya juga menganggap kalau Code Geass merupakan anime yang paling membekas di antara anime-anime sedih lainnya.

16. Hotarubi no Mori e

Kisah selanjutnya adalah tentang persahabatan yang dibaluti kisah cinta antara seorang anak gadis bernama Hotaru Takegawa dengan roh penunggu hutan bernama Gin. Hotaru bertemu Gin ketika dia masih kecil saat tersesat di dalam hutan. Dari sana mereka mulai menjalin pertemanan yang dipenuhi dengan adegan-adegan yang menghangatkan hati. Beberapa tahun kemudian, ketika Hotaru mulai dewasa, dia kembali menemui Gin dan  arena Gin adalah roh jadi dia tidak bisa menua. Pertamanan yang semula terjalin di antara mereka berubah menjadi perasaan cinta.

Gin sendiri tidak boleh meyentuh manusia karena jika dia bersentuhan dengan manusia dia akan mati sehingga setiap kali dia berjalan dengan Hotaru, mereka selalu menggunakan kayu atau kain sebagai penghubung mereka. Sebuah kisah cinta yang walaupun dekat tetapi tidak pernah bisa digapai.

17. Guilty Crown

Guilty Crown adalah anime dengan genre post-apoclyptic yang memiliki cerita mengharukan selanjutnya. Sama halnya dengan Code Geass, anime ini juga dibaluti oleh romansa cinta dan mecha antara karakter-karakernya. Sedikit rumit jika saya menjelaskan sinposis dari anime ini karena selain bergenre post-apoclyptic anime ini juga memiki genre psychological (psikologis yang kuat) dengan plot cerita yang rumit tapi menarik.

Intinya Guilty Crown adalah salah satu anime paling sedih yang saya rekomendasikan. Dan sebagai seorang otaku, sayang sekali jika kalian sampai melewatkan anime yang satu ini karena selain actionnya yang bagus di setiap episodenya, endingnya juga benar-benar akan membuat kalian tersentuh.

18. Air

Anime ini menceritakan perjalanan Yukito Kunisaki dalam mencari malaikat bersayap yang jatuh dari langit setelah mendengarkan kisah tersebut dari ibunya ketika kecil. Saat Yukito berkeliling untuk menjual boneka mainannya demi bertahan hidup, dia tidak menyangka akan tinggal lama di sebuah kota kecil. Di sana dia bertemu dengan dengan seorang gadis aneh bernama Misuzu, dan hidupnya mulai berubah ketika gadi terebut mengajaknya untuk tinggal bersama.

Di rumah terebut Yukito kembali bertemu dengan 2 gadis lainnya bernama Kano dan Minagi. Selama tinggal bersama, Yukito mulai mengetahui tentang masa lalu menyedihkan dari ketiga gadis tersebut dan memutuskan untuk membantu mereka.

19. Myself Yourself

Karena pekerjaan dari orang tuanya, Hideka Sana harus hidup berpindah-pindah. 5 tahun kemudian, setelah dia menjadi siswa SMA, dia kembali ke kampung halamannya, Sakuranomori. Setelah dia tiba di sana, dia menyadari sudah banyak hal yang berubah di sana. Dan yang paling membuatnya terkejut adalah perubahan dari teman kecilnya, Yatsuhiro Nanaka, yang selalu bermain dan tersenyum manis kepadanya tapi sekembalinya di sana temannya dan orang-orang di sana berubah menjadi suram.

Ketika dia menyelidiki apa yang sebenarnya terjadi, dia menemukan fakta yang sangat mengejutkan dan mengharukan. Dan supaya kalian tidak penasaran langsung tonton ya…

20. Tokyo Magnitude 8.0

Berbeda dengan tema anime sebelumnya karena anime Tokyo Magnitude 8.0 menceritakan kesedihan di balik bencana alam. Seperti judulnya, anime ini menceritakan tentang gempa berkekuatan 8.0 yang menghancurkan kota Tokyo dan menyebabkan banyak orang menjadi korban bencana tersebut.

Menggambarkan tentang kesidahan nyata dari sebuah tragedi dan alur cerita yang setiap episodenya membawa rasa sakit bagi mereka yang menontonnya. Terutama ending anime ini yang akan membuat kalian tidak bisa menahan air mata.

21. Chrno Crusade

Ingin melihat cerita yang sedih dari anime adventure? Maka Chrno Crusade adalah pilihan yang tepat bagi kalian. Terlebih lagi anime ini menambahkan pertarungan supernatural sehingga menambah keseruannya. Impian dari karakter utamanya dan motivasinya untuk mewujudkannya digambarkan dengan adegan-adegan yang menyedihkan di setiap episodenya.

Penutup

Bagaimana dengan list anime di atas? Apakah ada yang sudah kalian tonton dan berhasil membuat kalian menangis? Jika belum menonton satu pun, kalian bisa memulai dari judul yang paling menarik untuk ditonton. Saya sendiri tidak mengurutkannya berdasarkan tingkat kesedihannya karena semuanya memiliki cerita yang sama-sama sedihnya.

Jika kalian ingin menambahkan atau berpendapat, silahkan menulisnya di kolom komentar supaya bia saling bertukar pendapat. Sekian dulu ya, semoga artikelnya bermanfaat bagi teman-teman semua. Hasta la Vista!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s